Kamis, 30 April 2009

Spam - enam penipuan umum lewat e-mail





1) Sistem Piramida : Ini seringkali berkedok kesempatan untuk mendapatkan banyak uang dengan sedikit kerja dan modal kecil. Salah satu taktiknya adalah menawarkan computer atau alat elektronik dengan syarat membayar iuran keanggotaan suatu klub dan kemudian merekrut orang lain. Variasi lainnya adalah surat rantai. Hampir semua surat berantai illegal. Kebanyakan orang yang mengirimkan uangnya benar-benar kehilangan uang itu.
2) Sistem Kerja-di-Rumah : Salah satu bentuk penipuan ini menawari Anda kesempatan untuk merakit sesuatu seperti perhiasan, mainan atau kerajinan anak-anak. Anda menginvestasikan uang untuk membeli bahannya dan juga waktu untuk merakit produknya, tetapi kemudian diberi tahu bahwa karya Anda tidak dapat dijual kepada pihak yang menawarkan system ini karena tidak memenuhi standar mereka.
3) Produk Kesehatan dan Diet : Internet dibanjiri tawaran produk-produk seperti pil pelangsing tubuh tanpa perlu berolahraga atau menjalani diet, obat impotensi, dan krim pencegah kerontokan rambut. Tawaran ini adakalanya disertai kesaksian dari pengguna yang puas. Kata-kata yang umum digunakan dalam iklan ini antara lain “terobosan ilmiah”, “obat ajaib”, “formula rahasia”, dan “ramuan kuno”. Sebenarnya, sebagian besar produk ini sama sekali tidak manjur.
4) Kesempatan Berinvestasi : Penipuan yang satu ini biasanya menawarkan keuntungan yang besar dengan sedikit atau tidak ada risiko. Versi umumnya mencakup investasi di sebuah bank asing. Para investor dipikat dengan jaminan bahwa uang mereka ditangani oleh tokoh-tokoh keuangan tingkat tinggi dan memiliki informasi dari orang dalam.
5) Pemutihan Catatan Bank : Penipuan ini menawarkan jasa menghapus keterangan negative dari catatan kredit Anda sehingga Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapat kartu kredit, mendapat pinjaman untuk membeli mobil, atau memperoleh pekerjaan. Para promotornya sama sekali tidak dapat memenuhi janji mereka.
6) Promosi Hadiah Liburan : Anda menerima e-mail berisi ucapan selamat karena Anda telah memenangkan suatu kesempatan berlibur dengan harga yang amat murah. Ada yang mengatakan bahwa Anda telah dipilih secara khusus. Ingatlah bahwa pemberitahuan yang sama mungkin telah dikirimkan kepada jutaan orang lain dan bahwa akomodasi yang bakal Anda terima sama sekali tidak senilai dengan yang diiklankan.

Source : U.S. Federal Trade Commission




Tidak ada komentar:

Posting Komentar